Ad Code

Responsive Advertisement

Sandiwara Kebudayaan Cirebon Harus Tetap Bertahan

Semoga tulisan saya ini di baca
_pemilik sandiwara
_anak pemilik
_saudara pemilik
_atau pihak-pihak terkait..

Saya gak suka basa basi jadi langsung saja..
agar sandi wara tetap bertahan dan tidak punah sebagai kebudayaan/kesenian cirebon..
knapa saya tidak menulis kota cirebon??
karna saya tinggal di kabupaten cirebon..
kan sama saja??
jelas beda tapi sekarang bukan untuk membahas itu..

Sebenarnya hanya memperbaiki 5 hal saja..
berikut ini:
_BAHASA
sebaiknya bahasa yang di gunakan para lakon itu dengan bahasa yang mudah di cerna semua orang, sepertinya anda sudah tau sendiri bahasa apa itu..
knapa?? karna saya sebagai orang cirebon sendiri tidak semua mengerti bahasa yang di ucapkan para lakon, jadi yang harusnya lucu saya jadi bingung sendiri..
dan saya banyak lagi alasanya..
kalau mau go internasional anda tau bahasa apa yg harus di gunakan..
mungkin saja semua butuh proses..
_JANGAN BUAT PENONTON MENUNGGU LAMA
kalau bisa pembukaan to jangan terlalu lama penonton sekarang butuh yang singkat cepat dan berkwalitas, waktu adalah uang..
jadi langsung pada inti cerita, tarian dan nyanyian bisa di selipkan di situ, agar penonton juga tidak bosan..

_LEBIH BANYAK MELAWAK
sebenarnya orang nonton sandiwara itu tujuanya apa??
nyari hiburan kan?? setelah seharian bekerja, macul di sawah..
so banyakin lawakan dengan ide lawakan jaman sekarang..

_TOLONG TUTUP PANGGUNG SEBELAH KANAN DAN KIRI
anda ingin penonton nonton dari depan kan??
faktanya penonton lebih banyak di samping dan bukan nonton sandiwara tapi ngliatin orang narik-narik tali atau lakon yang sedang santay merokok..
sebenarnya cukup tutup setengahnya aja biar tidak panas dan kegiatan di belakang panggung tidak di ketahui orang lain..
karna menurut saya itu sifatnya rahasia..

_PEMILIK SANDIWARA HARUS KREATIf
tentu saja dalam berfikir mencari ide ide segar yang akan di pertunjukan tanpa menghilangkan patokan asli dari sandiwara itu sendiri..
SAYA SOK NGERTI
mungkin itu yang ada di pikiran kalian saat ini??
gpp itu hak anda, lagian saya tidak mendapat apa apa dari tulisanya saya ini.
saya cuman peduli dengan tulus dan iklas tanpa mengharapakan apapun.
APA HARUS NUNGGU SANDIWARA DIAMBIL MALAYSIA TERUS BARU RIBUT.
ATAU NUNGGU PUNAH??



yuk kita belajar bisnis di internet

ini Artikelnya



Reactions

Posting Komentar

0 Komentar