Ad Code

Responsive Advertisement

Apa itu dedicated server?


Akhir-akhir ini banyak penyedia jasa hosting berlomba-lombamenawarkan paket hosting dedicated server. Seiring makin murahnya harga perangkat komputer, harga sewa dedicated server juga ikut turun. Bagi orang awam mungkin dedicated server kurang akrab di telinga mereka. Namun bagi orang yang telah berpengalaman dalam mengelola server jaringan internet, maka istilah apa itu dedicated server tentunya tidak asing lagi di telinga mereka. Artikel berikut ini akan menjelaskan secara gamblang mengenai seluk beluk apa itu dedicated server.

Pengertian apa itu dedicated server.

Apa itu dedicated server? Dedicated server dapat diartikan sebagai server yang disewa secara terpisah dan berdiri sendiri. Layanan dedicated server memungkinkan untuk menjalankan aplikasi berat dengan beban kerja tinggi yang tidak dapat dioperasikan pada shared hosting maupun VPS. Biasanya penyedia dedicated server menyediakan satu set web server fisik secara lengkap beserta sistem operasinya. Agar dapat masuk ke web servernya Anda akan memperoleh root akses sehingga Anda sendiri dapat melakukan maintenance server melalui akses yang telah tersedia.

Dengan dedicatedserver pula, Anda mempunyai kontrol penuh terhadap server Anda. Anda bebas mengkonfigurasi server sesuai dengan spesifikasi kebutuhan Anda. Kondisi ini tentunya berbeda dengan layanan shared hosting dimana Anda tidak mempunyai kontrol penuh terhadap server. Anda terbatas hanya dapat mengkonfigurasi website Anda pada menu cPanel saja.

Pada layanan dedicated server, Anda dapat menggunakan server tersebut secara penuh untuk melakukan testing aplikasi web, layanan hosting, database dan layanan internet lainnya. Untuk menggunakan dedicated server, Anda cukup set segala sesuatunya dari meja kerja Anda. Sementara dedicated server diletakkan pada penyedia jasa hosting, Anda kelola dedicate server secara remote dari meja kerja Anda.

Keunggulan layanan apa itu dedicated server
Seperti yang telah disinggung di atas, layanan apa itu dedicated server memiliki keunggulan dalam mengontrol penuh semua aktivitas yang terjadi di dalam server. Jadi semua resource/sumber daya server seperti core prosesor, RAM, hardisk dapat Anda atur sesuai kebutuhan Anda. Dengan hak kontrol secara penuh ini tentunya akan memberikan kenyamanan dan keamanan website Anda pun menjadi lebih terjamin.
Layanan dedicated server cocok untuk kegiatan bisnis yang besar dan menangani trafik data tinggi. Dedicated server juga mempunyai kemampuan untuk membuat lebih dari satu nama domain, dapat membangun layanan email yang baik, mempunyai dukungan database dan software yang tak terbatas.
 

Kekurangan layanan apa itu dedicated server.

Walaupun layanan apa itu dedicated server memiliki keunggulan, namun layanan apa itu dedicated server juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain :
- Mahalnya biaya sewa dedicated server.
Saat ini biaya sewa dedicated server berkisar antara Rp 500.000 per bulan sampai dengan Rp 2.000.000 per bulan tergantung spesifikasi komputer dedicated server yang Anda sewa.
- Pengoperasian dedicated server membutuhkan penguasaan teknologi yang tinggi.
Tidak sembarang orang mampu mengoperasikan dedicated sever. Beberapa pengetahuan yang perlu dikuasai antara lain: hardware dan software server, jaringan dan internet, database dan lain sebagainya. Selain itu pengalaman di dunia server jaringan internet juga diperlukan.

Kesimpulan tentang apa itu dedicated server

Dari keterangan tentang apa itu dedicated server di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan dedicated server direkomendasikan khusus untuk mereka yang membutuhkan layanan komputasi tinggi dengan kontrol akses secara penuh. Namun untuk mengoperasikan dedicated server sepertinya membutuhkan orang yang telah berpengalaman dalam mengelola server jaringan internet. Selain itu biaya sewa bulanan yang mahal juga membuat layanan dedicated server kurang diminati pengguna internet

Semoga artikel tentang apa itu dedicated server di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat menjadi inspirasi bagi kita untuk lebih semangat lagi dalam mengembangkan bisnis ke depan.

Artikel Terkait
1. Apa Itu Vps
2. Apa Itu Domain
3. Keuntungan Memiliki Bisnis Di Internet
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar