Cara bikin iklan : Asalamualaikum wr wb, selamat malam karena ini udah malem yah. Nah sekarang saya mau menjelaskan sedikit tips
Cara bikin iklan agar mendatangkan traffik
Contoh Gambar iklan, bukan promo ne hehee
Poin terpenting dari sebuah bisnis adalah membikin penjualan, baik produk ataupun jasa. Jika gak ada penjualan, gak ada bisnis Yg akan bertahan lama. Dan setiap penjualan selalu diawali oleh promosi atau iklan. Pernahkah Teman teman memperhatikan halaman iklan baris di dalam koran atau majalah? Apakah teman teman membaca semuanya ? Pasti gak kan! Saya yakin teman teman hanya
membaca iklan-iklan Yg menarik perhatian teman teman saja.
Sebagian besar iklan gak teman teman baca sama sekali. Dan hampir semua orang melakukan hal Yg sama dengan teman teman. Setelah teman teman membaca iklan-iklan Yg menarik perhatian teman teman, apakah teman teman melakukan pembelian ? Mungkin gak juga, karena ternyata iklan tersebut gak mampu membikin teman teman
berminat dan berhasrat pada produk Yg dijual.
Tujuan setiap iklan adalah untuk menjual produk atau jasa Yg ditawarkan. Jika gak terjadi penjualan, berarti iklan tersebut gak berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Teman teman tentu gak mau iklan teman teman seperti itu.
Unsur unsur Cara bikin iklan Yg harus dipenuhi adalah berikut ini :
•
Menarik perhatian pembaca/beda dari iklan lain (Attention)
•
Membikin pembaca tertarik dengan produk Yg ditawarkan (Interest)
•
Membikin pembaca berhasrat untuk memiliki produk tersebut (Desire)
Membikin pembaca melakukan Action Yg diharapkan (Action)
Unsur unsur tersebut sering disingkat dengan AIDA.
Berikut penjelasan AIDA dalam Cara bikin iklan
Attention:
Sebuah media iklan baris biasanya menampilkan puluhan, atau bahkan ratusan iklan per halaman. Dan iklan teman teman hanyalah salah satu di antaranya. Bagaimana, dalam waktu Yg singkat, iklan teman teman dapat menarik perhatian pembaca ? Buatlah judul (headline) iklan Yg memukau, Yg membikin pembaca terkejut. Jika media tersebut gak menyediakan kolom judul (seperti iklan baris di koran), buatlah
kejutan itu di kalimat awal iklan teman teman okeh.
Gunakan kata-kata ‘HEBAT’ Yg memaksa pembaca melihat iklan Teman teman . Contoh kata-kata ‘HEBAT’ : RAHASIA, GRATIS, GARANSI, BONUS, MUDAH, CEPAT, UANG, BEST SELLER, KISAH NYATA, AMAN, TERPERCAYA, TERUJI, OTOMATIS, DISKON, LUAR BIASA, DIJAMIN.
Contoh judul Cara bikin iklan Yg menarik perhatian pembaca :
•
“3 Langkah MUDAH Menghasilkan UANG Dari Internet”
•
“DIJAMIN Balik Modal Dalam Seminggu. GARANSI Uang Kembali”
•
“Dapatkan RAHASIA Akses Internet GRATIS !”
Catatan : Gunakan huruf kapital secukupnya untuk menegaskan kata-kata ‘HEBAT’ Yg taman teman harapkan dapat menarik perhatian pembaca. Jangan menulis judul iklan dengan huruf kapital semua, karena akan terkesan gak profesional (atau orang akan menYangka keyboard teman teman sedang rusak heheee).
Interest
Segera setelah
Cara bikin iklan teman mendapat perhatian dari pembaca, buatlah pembaca tersebut tertarik dengan produk teman teman. Tunjukkan manfaat terpenting dari produk teman teman, Yg gak bisa mereka dapatkan dari produk lain.teman teman harus bisa menahan pembaca tersebut, agar apa Yg ingin Teman teman sampaikan terbaca semuanya. Oleh karena itu kalau perlu, Teman teman bisa gunakan lagi kata-kata ‘HEBAT’ agar mereka gak mengalihkan
perhatian dari iklan Teman teman .
Desire
Membikin pembaca tertarik saja ternyata gak cukup. Teman teman harus membikin pembaca berhasrat untuk memiliki produk Yg Teman teman tawarkan dengan menunjukkan manfaat, keunikan, dan keunggulan produk Teman teman dibandingkan dengan produk lain. Tunjukkanlah sesuatu dalam produk Teman teman Yg dapat membikin pembaca merasa lebih bahagia, lebih kaya, atau lebih sehat, jika memiliki produk tersebut.
Action
Jika pembaca iklan Teman teman gak melakukan Action apapun setelah membaca iklan Teman teman , artinya . . . iklan Teman teman sia-sia. Teman teman harus memancing pembaca untuk bertindak seperti Yg Teman teman harapkan. Contoh : “Pesan Sekarang di 08188xxxx″ “Dapatkan Informasi Selengkapnya di http://www.Otongdotcom.net” Mungkin Teman teman bertanya, bagaimana memasukkan semua unsur AIDA dalam sebuah iklan Yg hanya terdiri dari 4 atau 6 baris saja ? Di situlah seninya ! Semakin banyak Teman teman berlatih, maka semakin Teman teman kuasai teknik tersebut.
Nah . . .
sekarang ada tugas untuk Teman teman : Kumpulkanlah 20 iklan dari iklan baris Yg Teman teman bisa dapatkan, baik dari koran atau internet. Perhatikanlah . . . iklan mana Yg paling berhasil menurut Teman teman ? Selanjutnya buatlah analisa mengapa iklan tersebut berhasil, dan mengapa iklan Yg lain gak. Jika Teman teman memiliki sebuah produk untuk dijual, buatlah 10 iklan baris Yg berbeda untuk produk tersebut. Kemudian perhatikan dan pilihlah satu iklan Yg paling bagus menurut Teman teman .
Jika memungkinkan, tunjukkanlah iklan-iklan Yg sudah Teman teman buat tersebut kepada
beberapa teman dekat Teman teman . Mintalah pendapat mereka, iklan mana Yg paling bagus menurut mereka. Bandingkan hasilnya dengan pilihan Teman teman tadi, sama gak ? Jangan lupa, jika iklan Teman teman gak terbaca, maka gak akan terjadi penjualan. Jika iklan Teman teman gak terlihat, maka iklan Teman teman gak akan terbaca. Jika iklan Teman teman gak menarik perhatian, maka iklan Teman teman gak akan terlihat.
Bukan cuman itu Perhatikan Juga target konsumen.
Percuma membuat iklan mahal-mahal jika tidak sesuai target konsumen. Contoh yang paling simpel adalah iklan untuk target anak-anak. Cara anak-anak berpikir berbeda dengan orang dewasa. Anda tidak akan berhasil menarik anak-anak jika membuat iklan dari sudut pandang orang dewasa.
Untuk sukses
menargetkan konsumen anak-anak, buat iklan yang sederhana agar mereka lebih mudah mencernanya, padukan dengan benda favorit mereka (boneka, mobil-mobilan, dan mainnya lainnya), masukkan karakter favorit anak-anak (superhero, disney princess, hewan, film kartun), warna yang mentereng karena anak suka desain yang mencolok, dan berbagai hal lain yang merepresentasikan anak-anak. Ini sangat membantu untuk meningkatkan keingintahuan mereka terhadap iklan yang mereka lihat. Hal ini juga berlaku untuk target konsumen lainnya, baik berdasarkan gender, usia, strata sosial, dsb.
Dan teman teman juga harus membuat iklanya menarik, ciptakan tagline yang seduktif, yang
memaksa alam bawah sadar untuk mengingat hal tersebut. Coba bandingkan kedua tagline ini , “Obat kuat pria, untuk kepuasan suami istri” dengan “Obat kuat pria, ganyang istri sampai puas!”.
Terlepas dari positif atau negatif kedua kalimat ini, orang akan cenderung lebih
mengingat tagline kedua. Ingatlah bahwa ada kekuatan mulut-ke-mulut pada sebuah tagline. Artinya jika sebuah tagline menggelitik banyak orang untuk berkomentar, maka ini akan menjadi pembicaraan banyak orang, dan hasilnya adalah promosi gratis. Ada banyak tagline iklan yang mungkin anda ingat, namun tagline berikut ini pernah sangat booming hingga ke dunia maya, “Kemarin saya lemas atas bawah, namun semenjak berobat ke klinik *****, sekarang istri saya yang lemas setiap kali tempur”.
Ini sempat menjadi perbincangan seru pada netter dan diubah menjadi plesetan-plesetan. Ini secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan karena banyak orang penasaran. Tagline yang baik adalah sekitar 10 kata atau kurang. Namun bisa lebih asalkan menarik dan tidak membosankan. Intinya adalah buat seinovatif mungkin, namun jangan kasar, berbau sara, menyinggung orang lain, dll.
Semoga sedikit tips
Cara bikin iklan ini bisa sedikit membantu walaupun cuman sedikit hehe
Okeeeh sekarang saya anggap teman teman sudah punya iklan yang mantaaaap siap untuk di publikasikan, Nah masalah disitu mungkin lebih mudah membuat ketimbang merawatnya hihiiii
Teman teman jangan resah berikut saya kasih tau dengan cuman satu x klik teman teman sudah mensubmit iklan teman ke banyak situs iklan baris gratis untuk
lebih lengkap klik disini
ARTIKEL TERKAIT
Cara membuat blog di google
Cara mendaftar blog/web ke search engine bing dan yahoo
Cara cepat terindex bing dan yahoo
Cara membuat website sendiri
Cara membuat banner animasi keren gratis
2 Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusDijual tanah kavling di komplek rumah jawa, lokasi di dusun ndemi, sriharjo imogiri, bantul, yogyakarta.
BalasHapusKavling A luas 165 meter, dua muka 11x15 meter harga 250 juta.
Kavling B luas 165 mtr muka 11 meter harga 240 juta
Kavling C luas 165 mtr muka 11 meter harga 245 juta.
Jalan fasum selebar 5 meter.
View sawah luas.
Suasana asri khas pedesaan.
Air melimpah.
Dekat desa wisata kebon agung,
Wisata goa cerme,
Kebun buah mangunan,
Hutan pinus,dll.
Harga sudah termasuk pajak dan biaya balik nama atas nama pembeli.
Dan yg paling tidak bisa anda tolak adalah BELI 3 KAVLING BONUS 1 KAVLING karena otomatis jalan fasum seluas 165 m2 menjadi hak milik anda
rumah joglo
rumah joglo
rumah jawa jogja
limasan
limasan